Lampu kristal yang menginspirasi dunia...

Posted by real application On Sabtu, 08 Oktober 2011 0 komentar
Stand lamp
Banyak botol bekas minuman, seperti aqua,coca-cola, fanta dan botol botol bekas lainnya, dibiarkan begitu saja. Dan hanya pemulung yang memanfaatkannya dengan menjual kiloan, yah kira-kira 1 kilo hanya dihargai Rp 4000,- atau setara dengan 0,5 dolar. Sensatiocraft mencoba memungut bekas botol minuman tersebut, dari tempat dimana saja, juga termasuk mengumpulkan dari sekitar kita, sehabis minum, atau dari beberapa botol yang bekas minuman yang ditinggalkan di meja makan begitu saja.
Kami mulai mendisain dan merekayasa kira-kira bisa dijadikan apa? hiasan, asbak atau Lampu? Nah mungkin yang terakhir inilah yang menjadi pilihan kami, karena lampu bisa ditampilkan dalam bentuk yang bervariasi dan gaya yang beragam, yang penting dengan lampu, dapat lebih fungsional dari sekedar barang pajangan.
Sebagai contoh kami membuat sebuah lampu pajangan yang diletakkan di lantai, dengan tinggi kira-kira 120cm, dengan bentuk persegi panjang memanjang ke atas, ukuran 30cm persegi. 
Detail
Rangka yang digunakan dari besi bekas konstruksi, ukuran kecil dan medium sebagai penyangga tengahnya. Besi tersebut dibersihkan dahulu dengan digerenda, karena ada bekas karat. Setelah di las, dan dibuat kerangka sebagai penyangga, besi tersebut dililit dengan plastik bening. Plastik ini juga didapat dari plastik limbah bekas bekas apa saja setelah dibersihkan. Selanjutnya untuk mengawetkan plastik tersebut dicoating dengan pernis, agak tebal. Hasilnya besi kerangka tersebut menjadi lebih bersih mengkilap dan kesan craftnya kental sekali, karena lilitan plastik tersebut, teksturnya bagus dan mengkilat.
Kami perlu kira kira hampir 60 botol aqua ukuran besar. Prosesnya sederhana, botol tersebut dipotong kecil kecil ukuran persegi 2x2cm, dilubangi  tengahnya dan dirangkai dengan tali plastik. Di sini pekerjaan tersebut memerlukan banyak waktu dan sangat membosankan karena untuk satu rangkaian plastik saja perlu 1/2 jam untuk merangkainya. Ternyata untuk menyelesaikan satu lampu tersebut perlu waktu 4hari , dengan dua tenaga kerja.
Sebenernya tidak cukup di situ saja, Sensatiocraft mencoba menawarkan hasil craft tersebut dan laku dengan harga Rp 750.000,-, sebuah hasil yang tidak sia sia, jika dilihat dari kaca mata industri, karena penciptaan produk ini nyaris tanpa modal. Dan satu lampu ini saja sudah melibatkan 2 pemulung sebagai supplier tetap untuk bahannya.Dan mereka mendapat harga yang lebih daripada di jual di pengepul plastik. Tentu mereka akan ikut bergabung untuk berlatih membuat sendiri barang barang tersebut, dan ini adalah tujuan yang ingin hendak dicapai Sensatiocraft, ingin memberdayakan mereka tanpa menggurui mereka.
Lihat juga
Lebih terkenal di luar negeri
Idea
Recycle Craft



0 komentar to Lampu kristal yang menginspirasi dunia...

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.